5 Cara Memulai Bisnis Online dari Nol dengan Langkah Mudah

Cara memulai bisnis online bagi sebagian orang mungkin terkesan sulit. Padahal, jika dijalankan langsung dengan proses dan tahapan yang benar, akan lebih mudah untuk dijalankan. Ibarat melakukan sebuah perjalanan, kita akan memulai dengan sebuah tujuan, rencana perjalanan, serta eksekusi. Hal tersebut tak berbeda jauh dengan cara memulai bisnis online.

Terlebih saat ini cukup banyak kredit online cicilan bulanan yang memberikan kemudahan soal pendanaan untuk modal usaha, apalagi jika usahanya sudah berbasis online. Target pasar yang dijangkau akan lebih luas dan lebih mudah dikenal oleh masyarakat.

Artikel ini akan mengulas secara ringkas, bagaimana tahapan-tahapan yang benar dalam memulai bisnis online. Panduannya akan dibuat sesederhana mungkin agar bisa diikuti dan dipahami oleh semua kalangan. Simak sampai akhir ya.

  1. Identifikasi masalah di tengah masyarakat.
  2. Cari solusi masalah tersebut.
  3. Analisa pasar dengan produk sejenis.
  4. Wujudkan dalam sebuah produk yang lebih berkualitas.
  5. Pasarkan produk secara online.

1. Identifikasi masalah di tengah masyarakat

Semua produk yang dihasilkan pada intinya membantu masyarakat agar lebih mudah melakukan pekerjaannya. Contoh sederhana sebuah sabun cuci piring membantu membersihkan semua jenis lemak dan kotoran bekas makanan dalam sekali cuci. Tidak perlu dicuci berkali-kali demi menghasilkan piring yang kesat dan bersih sempurna. 

Berangkat dari masalah itulah kita bisa menemukan solusi. Maka, ketika kita ingin memasarkan produk harus paham dulu apa sebenarnya yang paling dibutuhkan oleh masyarakat saat ini. Contoh lain saat pandemi, masyarakat sangat membutuhkan pinjaman. Maka, fintech hadir memberikan solusi pinjaman cepat lewat kredit online cicilan bulanan.

Seperti yang ditawarkan oleh Kredivo, pinjaman berbasis aplikasi kredit dengan limit pinjaman sampai dengan Rp30 juta. Suku bunga rendah hanya 2,6% per bulan dengan pilihan tenor 30 hari, 3 bulan dan 6 bulan. Sementara untuk cicilan belanja barang, tenornya bisa lebih fleksibel hingga 12 bulan. 

2. Mengetahui solusi masalah tersebut

Berangkat dari masalah tersebut, paling tidak kita sudah tahu bagaimana solusinya. Carilah solusi yang sederhana, murah, dan bisa dieksekusi dalam jangka waktu yang dekat. Contoh lain ketika masa pandemi orang tua kesulitan mencarikan pakaian seragam anak-anak yang tepat. 

Penjahit online masih belum lumrah. Maka, konsep penjahit online ini bisa menjadi solusi yang tepat. Tetapi, penjahit online harus punya sistem yang jelas, karena konsumen harus terlibat untuk mengukur badannya sendiri sehingga pola pakaian yang akan dibuat sesuai dengan ukuran badan. Sistem tersebut bisa dibentuk dan dirancang seperti proses pembelian sepatu. Ukurannya sudah disiapkan lewat website, konsumen tinggal print polanya dan mengukur kakinya. Ukuran tersebut bisa dijadikan patokan dalam memesan nomor sepatu yang tepat.

3. Analisa pasar dengan produk sejenis

Analisa kompetitor jelas penting. Bagaimana caranya bisa lebih praktis dan lebih berkualitas dibandingkan produk yang sudah ada. Sehingga produk yang baru menjadi salah satu produk pilihan. Contoh lain dalam produk fintech. Masyarakat kini diberikan banyak pilihan kredit online cicilan bulanan.

Di sisi lain pengetahuan dan literasi masyarakat makin bertambah. Sehingga masyarakat pada akhirnya bisa menentukan dan mencari produk fintech yang syaratnya mudah, bunganya rendah, tenornya fleksibel, dan limit pinjamannya tinggi. Kondisi ideal itulah yang diciptakan paling mendekati harapan masyarakat dengan memperhitungkan margin bisnis atau keuntungannya. 

4. Menciptakan produk dengan kualitas lebih baik

Proses menciptakan produk bisa ditiru dari produk yang sudah ada dengan memberikan value yang lebih baik atau lebih banyak. Contoh kecil, Kredivo dikenal sebagai salah satu pinjaman tanpa kartu kredit yang sudah mendapatkan izin dari OJK. Lalu apa yang membuat Kredivo lebih baik?

Kredivo menawarkan kredit online cicilan bulanan tanpa bunga dengan tenor 30 hari dan 3 bulan. Sesuatu yang belum ditawarkan oleh kompetitor lainnya. Kredivo tetap mendapatkan untung lewat biaya admin 1% per bulan. Artinya, Kredivo tetap memikirkan keuntungan dalam menawarkan produknya. 

Keuntungan lain yang diberikan oleh Kredivo adalah semua transaksi keuangan bisa dilakukan dalam satu kendali aplikasi saja. Seperti bayar berbagai tagihan, belanja secara online maupun offline dengan fitur bayar nanti atau pay later, hingga beli tiket pesawat dengan cara dicicil secara bulanan. Kualitas produk yang lebih baik inilah yang pada akhirnya akan menjadi pilihan masyarakat karena ada value lebih yang diberikan. 

5. Memasarkan produk secara online

Keunggulan produk atau kualitas produk yang lebih baik tidak akan diketahui oleh konsumen atau nasabah jika tidak ada pemasaran yang tepat. Maka, pemasaran yang saat ini bisa dilakukan salah satunya adalah memasarkan produk secara online. Terlebih dalam kondisi pandemi, masyarakat masih terhubung satu sama lain secara online.

Memasarkan produk secara online bisa dilakukan dengan berbagai cara. Mulai dari membangun website, memaksimalkan sosial media, memanfaatkan marketplace, hingga memberikan akses kemudahan soal pembayaran. Salah satu yang kini ditawarkan oleh Kredivo. Kredivo sudah bekerja sama dengan lebih dari 1000 merchant online maupun offline, sehingga memberikan kemudahan bagi siapapun dalam bertransaksi dengan menggunakan Kredivo.